Jokowi Instruksikan Bangun Gedung Baru Muallimin Muhammadiyah

Yogyakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan pemerintah untuk membangun gedung baru Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Berdasarkan informasi dari panitia pembangunan, proses pekerjaan akan dimulai pekan depan.

"Saya melihat di buku ini (buku Satu Abad Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta), di gambar tahun 1929, gedungnya sudah sangat besar dan megah. Tahun 51 berubah lagi, tapi lebih megah dari yang sebelumnya. Ini yang 2008 juga megah dan modern," kata Jokowi, saat menghadiri acara Resepsi Milad 1 Abad Muallimin-Muallimaat Muhammadiyah di Madrasah Muallimin Yogyakarta, Kamis (6/12/2018).

Baca juga: Jokowi Hadiri Milad 1 Abad Muallimin-Muallimat di Yogyakarta

"Yang nanti sebentar lagi (akan dibangun), tapi saya belum lihat gambarnya (desain gedung), gambar aslinya saya belum dapat. Tapi sudah saya perintahkan kepada Menteri BUMN agar secepatnya dimulai pembangunan. Nanti bu menteri BUMN perintahkan lagi ke dirut BUMN, cepat, cepat, cepat," sambungnya.

Lokasi pembangunan gedung Madrasah Muallimin Yogyakarta berada di Jalan Wates, Kecamatan Sedayu, Bantul. Dalam acara ini, Jokowi juga menyinggung peristiwa 31 pekerja Trans Papua yang terbunuh.

Baca juga: Jokowi Bertemu Sri Sultan HB X di Keraton Yogyakarta

"Kemarin ada masalah di lapangan yang membangun jalan jembatan, diserang Kelompok Kriminal Bersenjata, gugur ada 20 orang, Inna Lillahi Wa Inna illai hi rajioun, tetapi itu tidak menyurutkan niat kita untuk membangun Papua, semua perlu infrastruktur dan harus kita bangun," kata Jokowi.

Sebelum Jokowi, Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir lebih dulu menyampaikan sambutannya. Haedar menyebutkan Jokowi sebagai presiden pertama RI yang datang ke Madrasah Muallimin.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri resepsi milad 1 abad Muallimin-Muallimat di Yogyakarta..Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri resepsi milad 1 abad Muallimin-Muallimat di Yogyakarta.. Foto: Ristu Hanafi/detikcom

"Karena itu atas nama PP Muhammadiyah, kami aturkan terima kasih kepada bapak presiden dan segenap menteri Kabinet Kerja yang ikut hadir," ujarnya.

Haedar melanjutkan, PP Muhammadiyah juga berterima kasih atas dukungan dan bantuan pemerintah melalui Menteri BUMN dan Mendikbud.

"Membantu dan Insyaallah jadi bukan tahun depan menurut Bu Rini (Menteri BUMN), pembangunan kampus Mualimin akan dimulai minggu depan, memakai filosofi Pak Jokowi, kerja, kerja dan kerja. Sehingga bangunan di sana (Sedayu) insyaallah dibangun minggu depan," jelas Haedar.

Dalam acara Resepsi Milad 1 Abad Muallimin-Muallimaat ini, hadir Mendikbud Muhadjir Effendy, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, mantan Ketum Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif, Menteri BUMN Rini Soemarno, Mensesneg Pratikno, tenaga ahli KSP Ali Mochtar Ngabalin, dan pengurus Aisyiyah.

(dkp/dkp)

Berita yang berjudul " Jokowi Instruksikan Bangun Gedung Baru Muallimin Muhammadiyah " ini bersumber dari : https://news.detik.com/berita/4332460/jokowi-instruksikan-bangun-gedung-baru-muallimin-muhammadiyah

Terimakasih sudah membaca dan silahkan untuk dibagikan :)

485