Meriahkan 1 Muharram, PRM Dorang Gelar Sepeda Santai – NewsMuh


PWMJATENG.COM, JEPARA-Satu Muharram menjadi hari momentum yang kadang kala dilupakan oleh masyarakat Indonesia. Kehidupan sehari-hari yang menjadikan kalender masehi sebagai acuan penanggalan di dunia dan negara kita, membuat kita sedikit lupa bahwa kita mempunyai penanggalan hijriah. Penanggalan yang dimulai dari hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Hari ini penanggalan tersebut sudah mencapai 1440 H dengan ditandainya 1 Muharram.

Sehubungan dengan itu, Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Dorang Kabupaten Jepara bersama dengan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Dorang mengadakan sepeda santai dan beberapa kegiatan lomba lainnya. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa (11/9) ini, diadakan dalam rangka memperingati 1 Muharram 1440 H dan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada 9 September lalu. Kegiatan yang diikuti sekitar 300 peserta ini, tidak hanya sebatas memeriahkan Tahun Baru Hijriah saja, namun juga sebagai syiar dakwah dan mendorong hidup sehat di warga Muhammadiyah Dorang.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan di Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Dorang. Namun memang disesuaikan dengan momen hari besar Islam. Apabila tahun lalu dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri dan Milad 50 Tahun Muhammadiyah di Dorang, maka kali ini dilakukan pada saat peringatan 1 Muharram 1440 H.”, ungkap Wahyu Adi Nugroho selaku Ketua Pimpinan Ranting Pemuda Muhamamdiyah (PR PM) Dorang.

Peserta pada kegiatan ini terdiri dari anak-anak hingga dewasa, dengan rute sepeda santai melewati jalan Desa Dorang dan Desa Blimbingrejo. Start dan finish sepeda santai dilakukan di Masjid At-Taqwa Dorang berlangsung sejak pukul 06.00 WIB. Adapun beberapa lomba lainnya pada kegiatan ini, terdiri dari lomba adzan, lomba hafalan Al Qur’an, lomba menyanyikan Mars Muhammadiyah, lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan lomba lari untuk anak-anak madrasah diniyah. Lomba-lomba tersebut tentunya bertujuan untuk menunjang pengenalan nilai-nilai keislaman, idelogisasi kemuhammadiyahan, dan kegembiraan menyambut tahun baru Islam.

“Sepeda santai dan beberapa lomba yang dilaksanakan merupakan wujud dakwah di lingkungan Muhammadiyah dan di Desa Dorang. Kegiatan ini akan dilakukan rutin setiap tahunnya. Dalam sepeda santai ini juga ada beberapa doorprize yang disediakan. Kegiatan sepeda santai ini juga dapat menjadi ajang silaturahim antar warga Muhammadiyah di Desa Dorang dan membentuk jiwa yang sehat.”, ungkap Agung Riyanto selaku Sekretaris Pimpinan Ranting Muhammadiyah Dorang.

Oleh: Ilham Jabar Prabowo/ Pemuda Muhammadiyah Ranting Dorang | Editor: Tuti Astha3



Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *